Pada tutorial 01 telah diberikan contoh program untuk merepresentasikan model obyek segiempat 2D. OpenGL memiliki beberapa komponen dasar untuk merepresentasikan suatu obyek. Komponen dasar tersebut, disebut sebagai OpenGL Geometric primitives. Gambar 2 menggambarkan semua OpenGL Geometric primitives yang tersedia.
Setiap obyek harus dimodelkan sebagai kombinasi dari komponen-komponen dasar tersebut. Sebagai contoh, obyek segiempat pada tutorial 01 tersebut dimodelkan dengan menggunakan komponen dasar GL_POLYGON. Obyek tersebut dapat pula dimodelkan dengan komponen dasar GL_TRIANGLES atau pun GL_QUAD.
Secara umum perintah-perintah dalam OpenGL memenuhi aturan sebagai berikut:
Dalam OpenGL, menggambar geometric primitives selalu dilakukan di antara fungsi
glBegin(PRIMITIVES)
// Fungsi Menggambar Primitives di sini
glEnd()
Setiap OpenGL geometric primitive dispesifikasi oleh urutan vertex-vertex-nya dalam bentuk urutan koordinat homogenous. Koordinat homogenous adalah koordinat dalam bentuk ( x, y, z, w ). Setiap primitive memiliki standar tentang bagaimana vertex-vertex diorganisasikan.
sumber : alfafsuni.com